Kesalahan Yang Sering Terjadi Ketika Melakukan Desain Logo

Tentunya terdapat beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh jasa desain logo   ketika mendesain logo, pastinya hal ini akan memberikan pengaruh terhadap hasil dari logo Anda. Jadi apabila Anda sering mendesain logo maka ada baiknya mengetahui hal ini, sebab dengan mengetahuinya maka dapat menghindari kesalahan dalam melakukan desain nanti. Apalagi logo merupakan salah satu hal yang sangat penting, karena dengan adanya logo maka sebuah perusahaan dapat dikenal dan menjadi pembeda antara perusahaan lainnya. Jadi dapat dikatakan bahwa logo merupakan identitas, oleh sebab itu sebagai pembuatan logo maka tidak bisa asal saja apabila ingin menghasilkan logo yang berkualitas dan memiliki makna.

1. Desain yang tidak orisinil

Tentunya salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah desain yang dibuat tidak orisinil, jadi akbat seorang desainer habis ide maka tidak jarang mereka melakukan plagiat pada logo lainnya. Padahal hal ini sangat dilarang dan berbahaya, mengingat kunci utama dalam membuat logo adalah orisinalitas. Tidak heran jika logo haruslah murni, sehingga logo haruslah ide dari pikiran bersama Anda dengan klien nanti. Sebab logo yang dibuat nanti haruslah mewakili identitas dari klien Anda, mengingat logo dan branding merupakan salah satu hal yang dapat menciptakan suatu yang unik sehingga bisa diingat oleh klien dengan sangat mudah sekali.

2. Melakukan perancangan logo tanpa adanya briefing

Kesalahan yang sering dilakukan adalah Anda merancang logo tanpa melakukan briefing, padahal hal ini sangat fatal sekali. Sebab jangan sampai Anda mendesain tanpa mendapatkan arahan oleh kline, walaupun terkesan baik karena memiliki sifat inisiatif namun Anda tidak bisa membuat logo semaunya saja. Sebab Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa mau klien dan seperti apa permintaan mereka secara mendetail. Sebab logo ini akan digunakan untuk kebutuhan klien nanti, apalagi logo ini merupakan identitas sehingga sangat mewakili klien Anda. Jadi jangan sampai logo itu dibuat berdasarkan dengan kemauan Anda. 

3. Tidak mempertimbangkan brand positioning

Tentunya ketika membuat logo maka jangan lupa mempertimbangkan adanya brand positioning, dimana hal tersebut merupakan segala hal yang berhubungan dari satu merek dengan merek lainnya yaitu biasanya disebut sebagai pesaing. Pentingnya desainer memahami hal ini bahkan melakukan analisis kepada pesaing, sebab hal ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi dalam melakukan desain logo nanti. Jadi dapat terhindar dari kesalahan yang ada, oleh sebab itu jangan sampai hal ini tidak ada pada logo Anda. Sebab hal ini sangat penting sekali karena memberikan pengaruh terhadap perusahaan klien Anda, jadi sangat salah jika Anda menganggap bahwa mendesain logo sangat mudah.

4. Desain yang terlalu rumit

Tentunya banyak desainer yang suka melakukan eksperimen, dimana hal ini bertujuan untuk mendapatkan desain yang pas. Tidak jarang hal ini membuat mereka menciptakan desain yang rumit, hal ini tentunya dapat membuat orang yang melihatnya akan susah untuk mengingat dari logo tersebut. Oleh sebab itu ada baiknya jika hindari menggunakan kata, slogan, maupun detail. Karena hal tersebut akan membuat mata menjadi lelah untuk mengingat dan melihatnya, oleh sebab itu ada baiknya jika Anda membuat logo yang sederhana namun ikonik. Jadi ketika Anda menjalan jasa desain logo   maka jangan sampai melakukan kesalahan fatal ini, sebab dapat memberikan  pengaruh yang sangat besar kepada klien Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *