Omzet Bisnis Meningkat, Penggunaan Instagram Bisnis Diklaim Mampu Menyerap Tenaga Kerja

Sekitar 87% pengguna Instagram bisnis yang berupa UKM mengaku omset penjualannya semakin meningkat dan 70% pemilik akun bisnis mengaku berhasil menyerap tenaga kerja.

Akun Instagram Bisnis Efektif Meningkatkan Omzet Bisnis

Survei Instagram yang dilakukan pada 2018 lalu menunjukkan adanya kenaikan omzet penjualan UKM yang memanfaatkan profil bisnis.

Dari 502 pengguna akun Instagram bisnis setidaknya 82% responden berhasil mendapatkan pesan langsung atau direct message dari calon konsumen setiap harinya.

Survei yang sama juga menunjukkan 60-67% pengguna akun bisnis mempekerjakan orang lain guna membantu pemilik UKM mengelola bisnisnya baik secara online maupun offline.

Dari 502 pengguna akun Instagram bisnis setidaknya 82% responden berhasil mendapatkan pesan langsung atau direct message dari calon konsumen setiap harinya.

Survei yang sama juga menunjukkan 60-67% pengguna akun bisnis mempekerjakan orang lain guna membantu pemilik UKM mengelola bisnisnya baik secara online maupun offline.

Sebanyak 66% responden juga menyatakan Instagram memudahkan mereka menemukan calon konsumen baru.

Instagram juga dianggap membantu jalinan komunikasi antara pemilik UKM dengan konsumen serta membantu pemilik UKM menampilkan koleksi produknya kepada calon konsumen potensial.

Tak sedikit pula pemilik akun Instagram bisnis yang berhasil menggaet konsumen dari kota maupun negara lain serta memudahkan pemilik bisnis untuk mengarahkan pengunjung ke profil bisnis mereka.

Banyak pemilik UKM mengaku Instagram membantu mereka menemukan inspirasi usaha dan memudahkan pengembangan usaha.

Sementara itu, menurut survei yang dilakukan pada 3.012 pengguna Indonesia berusia di atas 13 tahun menunjukkan 81% pengguna mencari informasi mengenai suatu produk maupun berkomunikasi dengan pemilik UKM melalui Instagram.

Tingkat efektivitas Instagram dalam menarik konsumen juga dirasakan oleh hampir 50% pemilik akun bisnis yang tak memiliki situs terkait produknya. Artinya mereka hanya mengandalkan Instagram untuk memasarkan produknya.

Fitur Instagram Memudahkan Transaksi Bisnis

Dari hasil survei responden menunjukkan kalau Instagram dipandang efektif untuk memasarkan suatu produk meskipun pemilik UKM belum memiliki website bisnis.

Bahkan tingkat efektifitas Instagram hampir setara dengan Facebook bisnis. Apalagi sekarang akun Instagram bisa disinkronisasi dengan akun Facebook sehingga pemilik UKM bisa memasarkan produknya di dua akun sosial media yang berbeda sekaligus.

Setidaknya ada sekitar 1 miliar pengguna Instagram di dunia dan Indonesia menjadi salah satu dari lima negara yang memiliki akun Instagram bisnis paling banyak di dunia.

Dari lima pengguna Instagram, empat di antaranya merupakan pengguna akun Instagram bisnis.

Baik platform Instagram maupun Facebook telah dipakai oleh lebih dari tujuh juta pengiklan bisnis. Dari jumlah pengiklan tersebut, ada sekitar dua juta pengiklan yang aktif memanfaatkan fitur Stories dan Feed.

Belum lagi, fitur Explore yang dirilis oleh Instagram pada September 2018 lalu turut memudahkan konsumen untuk membeli produk secara langsung melalui Instagram.

Keefektifan Instagram ketika dipakai untuk mengelola bisnis UKM semakin meningkat berkat adanya fitur berbelanja seperti koleksi belanja, desain ulang tab belanja dan pembelian melalui video.

Fitur koleksi belanja memungkinkan UKM untuk mengunggah foto produk ke dalam feed maupun stories di profil mereka. Hal ini tentu memudahkan calon konsumen ketika hendak membeli produk tersebut.

Fitur tab belanja yang didesain ulang membuat pemilik bisnis untuk mendesain akun bisnisnya sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan fitur belanja dari video memungkinkan pengguna akun bisnis untuk menambahkan label produk di atas unggahan gambar.

Menurut The Verge, ketiga fitur tersebut diyakini membuat pengguna akun bisnis semakin mudah mengembangkan bisnis mereka.

Hanya akun bisnis yang memiliki tampilan berbeda dan bisa menggunakan ketiga fitur tersebut layaknya seperti situs belanja online.

Jadi, cukup wajar jika bisnis UKM yang sukses meningkatkan penjualan melalui Instagram adalah pemilik akun bisnis yang melakukan pendekatan kreatif dengan memakai ketiga fitur tersebut.

Sebagai contoh seperti bisnis toko online Tokopedia atau pemilik bisnis kosmetik Wardah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *