Pengaruh Warna Pada Desain Logo dan Psikologi Manusia

Grafik menjadi elemen penting dalam sebuah logo. Tetapi, menurut kami, warna menjadi elemen yang bisa merepresentasikan pesan dan arti dari desain logo Anda. Bahkan, warna sangat kuat memberikan pengaruh, reaksi dan simulasi pada tubuh manusia. Belum lagi, warna memang bisa mempengaruhi psikologi manusia.

Dengan pemilihan warna yang tepat, tentu pesan yang ingin disampaikan akan bisa dimengerti. Berikut ini beberapa warna dasar yang banyak digunakan oleh desainer logo dan arti di balik warna tersebut.

Warna merah 

Menjadi salah satu warna paling hangat dan terkenal dari semua warna. Merah menjadi gambaran intensitas seperti api, kehangatan, pasion, energi, cinta, keinginan dan keputusan. Tak ayal, beberapa bendera negara di dunia mencantumkan warna merah pada bendera mereka. Salah satunya adalah Indonesia. 

Saat dilihat oleh manusia sendiri, warna merah bisa meningkatkan aliran darah, menambah nafsu makan dan meningkatkan kerja paru – paru. Warna merah menjadi warna terbaik untuk Anda yang memang ingin terlihat menonjol dan menarik perhatian orang lain. 

Warna kuning

Warna yang selalu berhubungan matahari ini menggambarkan kehangatan dan keceriaan. Pengaruh psikologi warna akan membuat aktivitas semakin menyenangkan dan otot semakin kuat. Selain itu, kuning juga bisa menarik perhatian layaknya warna mereka. Namun terlalu berlebihan menggunakan warna kuning juga tidak baik. 

Warna kuning yang berlebihan akan membuat orang tidak sabaran, terganggu. Sedangkan terlalu sedikit kuning akan menimbulkan kesan tidak nyaman, ketakutan, terisolasi dan ketidakpercayaan diri. Oleh karena itu, lebih menggunakan warna kuning yang seimbang pada desain logo Anda. 

Warna biru

Sebagai gambaran warna laut dan langit, biru menjadi warna yang bisa membuat hati merasa tenang, bebas serta membuat intuisi dan imajinasi meningkat. Biru juga menjadi warna yang menunjukan kesetian, kesungguhan hati dan kepercayaan diri. Warna biru bisa memberikan ketenangan pada tubuh manusia. 

Walaupun begitu, penggunaannya juga masih sangat pas untuk desain logo Anda. Warna biru yang cerah bisa memberikan efek dramatis pada logo Anda, sedangkan terlalu banyak biru mungkin memberikan gambaran yang terlalu melankolis dan negatif. 

Warna hijau 

Warna alam ini selalu di identik dengan musim semi. Warna hijau merupakan gambaran dari kehidupan, sesuatu yang baru, keamanan, kesuburan dan lingkungan sekitar. Hijau juga bisa menjadi simbol status untuk uang, bank, ambisi dan kekayaan. 

Terkadang, hijau juga bisa disimbolkan sebagai pengalaman yang kurang dan perkembangan yang terus menerus. Walaupun begitu, hijau bisa memberikan emosi dan psikologi tersendiri. Hijau menjadi warna dominan di mata manusia, tentu akan sangat ideal menggunakan warna hijau sebagai background desain logo Anda. 

Warna hitam 

Sebagai warna yang misterius, hitam menjadi warna yang tak bisa dilepaskan. Bahkan, warna hitam bisa memberikan perasaan yang berbeda, seperti kekuatan, kekuasan dan keindahan serta kematian, kejahatan dan agresi. 

Walaupun begitu, warna hitam menjadi warna yang bisa dipadukan dengan segala jenis warna yang ada. Warna hitam juga bisa memberikan rasa kepercayaan diri dan perasaan akan segala kemungkinan yang Anda. Logo yang menggunakan warna hitam akan menciptakan gambaran yang misterius sekaligus kuat. 

Warna coklat

Warna ini bisa ditambahkan pada desain logo Anda untuk menciptakan kepercayaan dan kesatuan dalam desain Anda. Tidak hanya membuat semua elemen desain seimbang tetapi juga membuat siapapun yang melihatnya menjadi lebih rileks. Warna coklat juga merupakan earthy tones yang juga berarti kembali ke alam. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *