Terdapat 195 OKB menjadi Milyader Dunia

Photo by bruce mars from Pexels

Meski keadaan ekonomi dunia kini sedang terguncang karena keberadaan perang dagang dan juga nilai dari mata uang yang melemah ternyata tidak mampu membuat banyak pengusaha berputus asa. Justru banyak pengusaha yang meningkatkan kekayaannya sehingga mampu memasuki daftar dari tokoh Miliarder Dunia pendatang baru menurut Forbes.

Pada laman Forbes tersebut terdapat 195 nama miliarder dunia baru yang selama satu tahun terakhir ini menduduki kursinya. Bahkan 71 % diantaranya mendapatkan kekayaan tersebut secara alami dari hasil usaha keras sendiri.

Sayangnya, diantara Milyader dunia baru tersebut merupakan orang – orang yang telah lama mempunyai perusahaan yang sebelumnya memang tengah terkenal. Apa saja perusahaan tersebut? Seperti Judul Labs, Canasa Goose dan juga Spotify. Sedangkan sisanya lagi merupakan persentase miliarder yang berasal dari bidang teknologi, real estate, mode dan ritel.

Menurut berita yang beredar jumlah kekayaan dari 195 milyader pendatang baru tersebut mencapai USD 362 atau jika diuangkan ke dalam rupiah sekitar 5 Triliun lebih dengan Kurs USD 1 = Rp 14.000,-.

Para milyarder baru ini asalnya dari negara Israel, Vietnam dan juga Hongaria. Namun ada juga China yang menjadi mayoritas negara yang menyumbangkan anggota milyarder baru tersebut. Bahkan jumlahnya hingga 53 orang, termasuk juga dari Hongkong. Salah satunya adalah Coling Huang.

Coling Huang adalah pria dengan usia 39 tahun yang telah mempunyai banyak kekayaan hingga 13,5 miliar mata uang dollar yang jika diuangkan ke rupiah mencapai Rp. 191 triliunan. Pria yang belajar di University of Wiscosin Madison ini sempat magang di perusahaan yang terkenal yaitu Microsoft dan memulai menggeluti karirnya sebagai insinyur di perusahaan perangkat lunak tersebut.

Colin pun akhirnya kembali kepada negara asalnya di tahun 2006 dengan mendirikan 2 situs yang terkenal dari e-commerce serta perusahaan game online sebelum akhirnya memulai Pinduoduo (pengecer diskon website). Perusahaan tersebut mulai dikenal khalayak luas di tahun 2018 tepatnya di bulan Juli, dengan basis di Shanghai kini telah mampu mengkapitalisasi pasar sekitar Rp. 509 triliun.

Peringkat kedua yang menyumbang nama anggota miliarder baru dunia adalah Amerika Serikat sebanyak 39 dan Brasil memegang peringkat 3 dengan jumlah anggota atau orang sebanyak 18 dan yang terakhir adalah 9 orang dari negara Taiwan.

Salah satu pendatang baru yang juga berhasil menduduki miliarder baru dunia adalah Daniel Ek dan juga Martin Lorentoz yang merupakan pendiri dari Spotify. Mereka berdua merupakan orang yang berasal dari negara Swedia. Kekayaan bersih yang mampu dicapai oleh keduanya adalah 2,2 Milyar dan 2,9 Miliar US Dollar.

Tidak heran karena Spotify merupakan sebuah perusahaan yang lebih fokus pada pelayanan musik yang dari dulu hingga kini telah berusia 13 tahun. Dan pada akhirnya kini mampu mengkapitalisasi pasar karena mampu meraup penghasilan hingga 367 triliun rupiah. Dengan jumlah pengunjung Spotify hingga 87 juta pelanggan yang rela membayarnya. Tapi, sayangnya ini belum menjadi tahun yang gemilang untuk Spotify.

Karena justru pengusaha muda, seorang wanita dengan usia baru menginjak 21 tahun lah yang menyabet kedudukan tertinggi dari Miliarder baru dunia yaitu Kylie Jenner. Yang pandai dalam memanfaatkan banyaknya followers di media sosialnya seperti Instagram dan Facebook hingga mencapai 110 juta pengikut dalam peluncuran lip liner dan juga KIT lipstiknya di bulan Februari tahun 2016. Ini jugalah yang membuatnya menjadi miliarder paling muda menurut Forbes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *